Kenali Suaramu!

Hello Singers!

Pasti sudah tidak asing dengan apa itu paduan suara kan? paduan suara merupakan komunitas kalangan-kalangan pecinta harmoni padu-paduan dari suatu bagian suara setiap manusia. Perbedaan itu sendiri bisa dilihat dari 4 umum pembagian suara yaitu sopran, alto, tenor dan bass. Tidak menutup kemungkinan, suara lain seperti bariton, kontra alto, kontra tenor, mezzo-sopran dan lainnya bisa ikut dalam paduan suara. Dalam paduan suara campuran, biasanya terdiri dari empat bagian, yaitu Sopran, Alto, Tenor, dan Bass. Berikut penjelasan lebih lanjut.

  • Soprano

Sopran merupakan istilah untuk menyatakan jenis suara wanita dalam titik nada tertinggi, range nada sopran sekitar C4/C#4 hingga C6/C#6.
Contoh penyanyi yang memiliki suara sopran seperti penyanyi opera Natalie Dessay, Diana Damray, Isyana Sarasvati dan masih banyak lagi.

  • Alto

Alto termasuk kedalam wilayah rendah suara wanita, range nada alto sekitar E3/F3 hingga E5/F5. Penyanyi yang memiliki suara alto seperti Madame Clara Butt, Ewa Podles, Fatin Shidqia, Krisdayanti, Ruth Sahanaya, dan masih banyak lagi.

  • Tenor

Tenor merupakan suara tinggi bagi pria, tenor memiliki range suara sekitar C3/C#3 hingga C5/C#5. Contoh penyanyi yang memiliki suara tenor seperti Luciano Pavarotti, Rosario La Spina, Judika, dan masih banyak lagi.

  • Bass

Bass merupakan suara pria pada kategori rendah dan dalam. Range suara bass sekitar E2/F2 hingga E4/F4. Contoh penyanyi yang memiliki suara bass seperti, Avi Kaplan, Tim Foust, Geoff Castelluci, dan masih banyak lagi.

Nah, suara kamu termasuk yang mana??? yuk singers kenali suaramu

PSM GGB, Unity in Voice and Spirit!

source : https://www.hipwee.com/list/dalam-paduan-suara-kamu-termasuk-suara-apa/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *